Microsoft Excel
PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh microsoft corporatio, Microsoft office excel digunakan dalam pengolahan angka (aritmatika)
program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh microsoft corporatio, Microsoft office excel digunakan dalam pengolahan angka (aritmatika)
Ø Memulai menggunakan excel 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan excel 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1). Klik menu START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007
Untuk menggunakan dan mengaktifkan excel 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1). Klik menu START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007
BAGIAN MICROSOFT EXCEL
1.) Baris judul ( tittle bar )
Bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan
Bagian ini berisi nama file dan nama program aplikasi yang sedang kita aktifkan
2.) Baris menu ( menu bar )
Bagian ini berisi barisan perintah berupa menu , seperti menu file ,edit ,view ,insert ,format,tools,data,window,dan help
Bagian ini berisi barisan perintah berupa menu , seperti menu file ,edit ,view ,insert ,format,tools,data,window,dan help
3.) Baris toolbars ( toolbars )
Bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah khususnya perintah-perintah yang sering digunakan
Bagian ini berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah khususnya perintah-perintah yang sering digunakan
4.) Tombol ukuran (sizing button)
Bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft excel.
Bagian ini berisi tombol-tombol untuk mengatur ukuran jendela kerja Microsoft excel.
5.) Task pane
Bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita saat menyunting (mengedit) lembar kerja.
6.) Baris penggulung tegak (vertical scroll bar )
Bagian ini ditunjukan untuk menggeser layar atas /kebawah
7.) Baris penggulung mendatar (horizontal scrool bar)
Bagian ini ditunjukan untuk menggeser kekanan/ kekiri
8.) Baris rumus (formula bar)
Bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi cell yang sedang aktif di lembar kerja
Bagian ini merupakan bagian yang akan membantu kita saat menyunting (mengedit) lembar kerja.
6.) Baris penggulung tegak (vertical scroll bar )
Bagian ini ditunjukan untuk menggeser layar atas /kebawah
7.) Baris penggulung mendatar (horizontal scrool bar)
Bagian ini ditunjukan untuk menggeser kekanan/ kekiri
8.) Baris rumus (formula bar)
Bagian ini akan menampilkan informasi mengenai isi cell yang sedang aktif di lembar kerja
Ø Fungsi Microsoft Excel
1.) Membuat table
2.) Membuat grafik
3.) Penghitungan rumus
4.) Membuat daftar gaji
5.) Laporan keuangan dll
1.) Membuat table
2.) Membuat grafik
3.) Penghitungan rumus
4.) Membuat daftar gaji
5.) Laporan keuangan dll
Ø BAGIAN DARI MICROSOFT EXCEL
1.) Workbook
Terdiri dari 1-255 sheet
2.) Sheet/worksheet
Terdiri dari 256 kolom diwakili oleh huruf dan 65536 baris diwakili oleh angka
3.) Column/judul kolom
Terdiri dari A-IV(empat) lebar kolom maksimal 255
4.) Row/judul baris
Terdiri dari 1-65536 lebar baris maksimal 409
1.) Workbook
Terdiri dari 1-255 sheet
2.) Sheet/worksheet
Terdiri dari 256 kolom diwakili oleh huruf dan 65536 baris diwakili oleh angka
3.) Column/judul kolom
Terdiri dari A-IV(empat) lebar kolom maksimal 255
4.) Row/judul baris
Terdiri dari 1-65536 lebar baris maksimal 409
5.) Cell
Pertemuan antara kolom dengan baris
Pertemuan antara kolom dengan baris
6.) Range /sekumpulan cell/group
Contoh (D2:D8, F2:G4 dan sebagainya)
7.) Sel aktif
Sel yang ditunjuk oleh pointer
Contoh (D2:D8, F2:G4 dan sebagainya)
7.) Sel aktif
Sel yang ditunjuk oleh pointer
8.) Alamat cell
Relative /sel bebas (A1 , A1:B5)
Semi absolut ($A1 , A$1)
Absolut ($A$1 , $A$1:$B$5)
Relative /sel bebas (A1 , A1:B5)
Semi absolut ($A1 , A$1)
Absolut ($A$1 , $A$1:$B$5)
Ø Fungsi menu dan ikon pada microsoft excel
1.) Office Button
a.) New, untuk membuat dokumen baru
b.) Open, untuk membuka dokumen yang sudah tersimpan
c.) Save, untuk menyimpan dokumen
d.) Save as, untuk menyimpan dokumen dengan nama berbeda
e.) Print, untuk mencetak
f.) Prepare, untuk mengatur sheet
g.) Send, untuk mengirim sheet melalui pengiriman elektronik
h.) Publish, untuk melakukan pengaturan pendistribuasian sheet
i.) Close, untuk menutup sheet yang sedang aktif
1.) Office Button
a.) New, untuk membuat dokumen baru
b.) Open, untuk membuka dokumen yang sudah tersimpan
c.) Save, untuk menyimpan dokumen
d.) Save as, untuk menyimpan dokumen dengan nama berbeda
e.) Print, untuk mencetak
f.) Prepare, untuk mengatur sheet
g.) Send, untuk mengirim sheet melalui pengiriman elektronik
h.) Publish, untuk melakukan pengaturan pendistribuasian sheet
i.) Close, untuk menutup sheet yang sedang aktif
2.) Quick Access Toolbar
a.) Save, untuk menyimpan file yang sudah selesai dikerjakan atau yang masih sedang dikerjakan
b.) Undo, untuk membantalkan perintah terakhir yang diberikan
c.) Redo, untuk membatalkan redo
d.) New, untuk membuat lembar kerja baru
e.) Open, untuk membuka file atau dokumen yang pernah kita buat di microsoft excel
f.) E-mail, untuk mengirimkan dokumen kita melalui surat lektronik menggunakan jaringan internet ke alamat e-mail yang kita hendaki
a.) Save, untuk menyimpan file yang sudah selesai dikerjakan atau yang masih sedang dikerjakan
b.) Undo, untuk membantalkan perintah terakhir yang diberikan
c.) Redo, untuk membatalkan redo
d.) New, untuk membuat lembar kerja baru
e.) Open, untuk membuka file atau dokumen yang pernah kita buat di microsoft excel
f.) E-mail, untuk mengirimkan dokumen kita melalui surat lektronik menggunakan jaringan internet ke alamat e-mail yang kita hendaki
g.) Quick print, untuk mencetak dokumen ke printer secara cepat
h.) Print preview, untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
i.) Sort ascending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar
j.) Sort descending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terbesar sampai yang terkecil
h.) Print preview, untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
i.) Sort ascending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terkecil sampai yang terbesar
j.) Sort descending, untuk mengurutkan data dari mulai yang terbesar sampai yang terkecil
3.) Control menu
a.) Minimize adalah tombol untuk meminimalkan window
b.) Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan window
c.) Close adalah tombol untuk menutup program
a.) Minimize adalah tombol untuk meminimalkan window
b.) Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan window
c.) Close adalah tombol untuk menutup program
4.) Ribbon
A.) Tab home
- Paste : menempelkan objek pada clipboard ke dalam dokumen
- Cut : memindahkan objek ke clipboard
- Copy : menyalin objek ke clipboard
- Format painter : mengkopi format dokumen yang sudah ada untuk ditempelkan di dokumen lain
GAMBAR TAB HOME
1.) Font
a.) Bold ( cetak tebal )
b.) Italic ( cetak miring)
c.) Underline ( cetak garis bawah )
d.) Border ( membuat garis tepi pada sel aktif )
e.) Fill color ( mewarnai background sel yang dipilih)
f.) Font color ( mewarnai teks pada sel yang dipilih )
g.) Font size ( mengubah ukuran font )
a.) Bold ( cetak tebal )
b.) Italic ( cetak miring)
c.) Underline ( cetak garis bawah )
d.) Border ( membuat garis tepi pada sel aktif )
e.) Fill color ( mewarnai background sel yang dipilih)
f.) Font color ( mewarnai teks pada sel yang dipilih )
g.) Font size ( mengubah ukuran font )
2.) Aligment
a.) Top align ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata atas)
b.) Middle ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata tengah)
c.) Bottom align ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata bawah)
d.) Align text left (perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri)
e.) Center ( perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah )
a.) Top align ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata atas)
b.) Middle ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata tengah)
c.) Bottom align ( perataan data sel pada posisi vertical dengan rata bawah)
d.) Align text left (perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri)
e.) Center ( perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah )
f.) Align text right( perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanan )
g.) Orientation ( perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata bawah )
h.) Decrease indent ( mengurangi jarak indentasi )
i.) Increase indent ( menambah jarak indentasi )
j.) Wrap text ( melipat penulisan data teks sel, biasanya untuk panjang teks yang melebihi ukuran lebar kolom)
k.) Marge and center ( menggabungkan beberapa sel menjadi sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal.
g.) Orientation ( perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata bawah )
h.) Decrease indent ( mengurangi jarak indentasi )
i.) Increase indent ( menambah jarak indentasi )
j.) Wrap text ( melipat penulisan data teks sel, biasanya untuk panjang teks yang melebihi ukuran lebar kolom)
k.) Marge and center ( menggabungkan beberapa sel menjadi sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal.
3.) Number
a.) Number format ( memformat data-data bertipe angka )
b.) Accounting number format ( memformat data numerik dengan format currency atau mata uang )
c.) Percent style ( memformat data numerik dengan format akuntansi )
d.) Increase desimal ( menambah jumlah digit angka desimal)
e.) Descrease desimal ( mengurangi jumlah digit angka desimal )
a.) Number format ( memformat data-data bertipe angka )
b.) Accounting number format ( memformat data numerik dengan format currency atau mata uang )
c.) Percent style ( memformat data numerik dengan format akuntansi )
d.) Increase desimal ( menambah jumlah digit angka desimal)
e.) Descrease desimal ( mengurangi jumlah digit angka desimal )
4.) Styles
a.) Conditional formatting ( memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria/kondisi khusus )
b.) Format as table ( memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi suatu format tabel )
c.) Cell styles ( memformat data-dat dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format )
a.) Conditional formatting ( memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria/kondisi khusus )
b.) Format as table ( memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi suatu format tabel )
c.) Cell styles ( memformat data-dat dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format )
5.) Cells
a.) Insert cells
b.) Delete cells
c.) Format
6.) Editing
a.) Autosum
b.) Fill
c.) Clear
d.) Sort and filter
e.) Find and select
a.) Insert cells
b.) Delete cells
c.) Format
6.) Editing
a.) Autosum
b.) Fill
c.) Clear
d.) Sort and filter
e.) Find and select
TAB INSERT
1.) Tables
2.) Illustrations
3.) Charts
4.) Text
5.) Links.
TAB PAGE LAYOUT
Themes , pege setup (margins,orientations,size,print area,breaks,background,print titles ),scale to fit ( widht,height, scale ) ,sheet options,arrange (bring to font,send to back,selection pane,align,group,rotate)
TAB FORMULAS
a.) Function library
b.) Defined names
c.) Formula auditing
d.) Calculation
TAB DATA
a.) Get external data
b.) Connections
c.) Sort & filter
d.) Data tools
f.) Outline
TAB REVIEW
a.) Proofing
b.) Comments
c.) Changes
b.) Comments
c.) Changes
TAB VIEW
a.) Workbook view
b.) Zoom
c.) Windows
d.) Marco
b.) Zoom
c.) Windows
d.) Marco
SIMBOL DALAM MICROSOFT EXCEL
Nomor
|
Simbol
|
Kegunaaan
|
1
|
^
|
Pemangkatan
|
2
|
*
|
perkalian
|
3
|
/
|
pembagian
|
4
|
+
|
penambahan
|
5
|
-
|
pengurangan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar